Oleh: rbsrikandi | Maret 1, 2009

PROFIL

PROFIL PERPUSTAKAAN SRIKANDI

dsc07500 I. PENDAHULUAN

Seiring perkembangan zaman, tugas seorang ibu menjadi semakin berat. Tidak sekedar melayani suami, mengelola rumah tangga dan mendidik anak, namun juga harus selalu meningkatkan diri dengan menambah wawasan dan ketrampilan. Untuk itu, perlu adanya Taman Bacaan Masyarakat ( TBM ) di lingkungan komunitas terkecil. Dengan membaca, khususnya ibu akan maju pola pikirnya dan luas wawasannya. Dengan demikian, akan terbentuk iklim masyarakat yang positif, lahir generasi bangsa yang berkualiatas, dan tercipta sumberdaya manusia yang tinggi.
Alhamdulillah , di Kelurahan Andongsili telah berdiri sebuah perpustakaan dari Kelompok Perempuan Peduli Buku ( KPPB ) yang bernama Perpustakaan Srikandi. Namun keberadaannya masih jauh dari harapan. Untuk itu perlu adanya bantuan pemerintah baik secara materiil maupun moril ( bimbingan dan dukungan ).
Harapan lebih lanjut, Perpustakaan Srikandi dapat membantu warga yang hingga kini masih menganggur akibat PHK-nya PT.Dieng Jaya. Dari membaca di perpustakaan diharapkan mereka memperoleh pengetahuan dan ketrampilan yang berguna. Pengetahuan dan ketrampilan yang diperoleh dapat menjadi ketrampilan hidup bila diterapkan. Juga, bagi sebagian warga yang masih belum tuntas wajar sembilan tahun. Mereka dapat belajar mengejar ketertinggalan dengan mengikuti Kejar Paket yang bermitra dengan perpustakaan desa.

1. Latar Belakang
Perpustakaan Srikandi merupakan satu-satunya perpustakaan ibu-ibu PKK di Wilayah Wonosobo. Tepatnya berlokasi di RW VI Manggisan Asri, Kel. Andongsili, Kec. Mojotengah, Kab. Wonosobo. Perpustakaan Srikandi didirikan oleh KPPB ( Kelompok Perempuan Peduli Buku ) yang juga merangkap pengurus PKK RW VI. Kami menamakan perpustakaan ini Perpustakaan Srikandi karena dikelola oleh perempuan.

Perpustakaan Srikandi berdiri sejak tanggal 10 April 2005. Pembina Perpustakaan Srikandi adalah Kepala Kelurahan Andongsili , Ketua RW VI dan Ketua RT 01, 02, 03. Hingga kini Perpustakaan Srikandi masih menumpang di Sekretariat KPPB. Sarana yang dimiliki baru 4 buah rak buku dengan ukuran 1,5 x 2 m , sebuah papan nama , satu buah kotak amal, dan beberapa alat tulis kantor. Sedangkan 3 stel meja kursi untuk membaca dan 2 lembar karpet masih pinjaman warga. Jumlah koleksi pustaka 3000 judul buku dan 350 majalah, Pengguna yang telah memanfaatkan perpustakaan berjumlah 81 orang (anggota) sedangkan pengguna potensial berjumlah 540 orang Kegiatan yang dilaksanakan berupa pengadaan , pengolahan (inventarisasi, klasifikasi, katalogisasi) dan layanan. Ada pun bentuk layanan berupa layanan pustaka, bimbingan pengguna, kerjasama dengan Perpusda dalam hal pembinaan dan peminjaman koleksi, serta promosi budaya baca.
Keberadaan Perpustakaan Srikandi sangat mendukung kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya, seperti TPQ, Kelompok Yasinan, PKK, Takmir, Kelompok Pengajian, Kelompok Belajar, Kejar Paket, dll di Kelurahan Andongsili. Masalah mendasar yang muncul adalah kurangnya dana yang memadai guna mewujudkan fungsi perpustakaan secara komprehensif. Perpustakaan Srikandi mempunyai Visi “Dengan Buku Ibu Maju , Anak Cerdas, Masyarakat Berkualitas” Semoga ibu-ibu, anak-anak, bapak-bapak, dan seluruh warga Kelurahan Andongsili kenal perpustakaan lalu senang ke perpustakaan. Bila kesenangan membaca terpupuk, tentu membaca tidak lagi sekedar hobi. Membaca akan menjadi kebutuhan hidup seperti halnya kebutuhan hidup pokok lainnya.

2. Tujuan dan Sasaran
a. Tujuan
Tujuan pendirian Perpustakaan Srikandi adalah :
• Meningkatkan minat baca dan budaya baca masyarakat Wonosobo khususnya warga Kelurahan Andongsili.
• Memberikan wadah bagi ibu-ibu untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilannya melalui kegiatan membaca

• Membantu anak usia sekolah ( SD, SMP, SMA ) berupa pinjaman buku pelajaran demi kelancaran kegiatan belajar di sekolah
• Sebagai alternatif tempat rekreasi yang cukup menyenangkan sekaligus menambah wawasan
• Meningkatkan kualitas hidup warga Kelurahan Andongsili dan warga masyarakat pada umumnya, hingga menjadi manusia unggul.
• Memperkenalkan perpustakaan pada anak-anak sejak dini sehingga anak gemar membaca dan menulis.
• Memberi wacana baru bagi warga yang masih menganggur untuk memilih peluang usaha
b. Sasaran
Sasaran yang ingin dicapai adalah :
• Ibu-ibu warga Kelurahan Andongsili dan sekitarnya
• Siswa usia sekolah (SD, SMP, SMA ) di Kelurahan Andongsili dan sekitarnya
• Anak-anak usia dini ( TK dan Pra TK ) di lingkungan Kelurahan Andongsili dan sekitarnya
• Masyarakat umum baik di Kelurahan Andongsili maupun warga kelurahan lain yang berdekatan dengan lokasi perpustakaan.

II. KEGIATAN YANG DILAKSANAKAN
Rencana kegiatan yang akan dilaksanakan dalam setahun mendatang adalah :
1. Menambah koleksi pustaka, terutama koleksi yang diminati pengguna seperti buku-buku fiksi, buku-buku kesehatan, buku-buku tentang ketrampilan hidup dll.
2. Melengkapi sarana prasarana yang masih sangat kurang, seperti meja , kursi, papan informasi, rak majalah, rak gantungan surat kabar dll
3. Meningkatkan daya tarik tampilan ruang baca dan penataan buku
4. Mengadakan berbagai kegiatan seperti bimbingan menulis, lomba penulisan, lomba menggambar, membuat majalah dinding , bimbingan belajar,dll
5. Mengadakan variasi layanan lainnya guna menggairahkan minat baca pengguna

III. GAMBARAN UMUM PERPUSTAKAAN SRIKANDI
Nama                                         : Perpustakaan Srikandi
Alamat                                      : RT 02/ RW VI Kelurahan Andongsili
Tgl/Thn Pendirian               : 10 April 2005

Pengelola                                 : KPPB
Pembina                                   : Kep. Kelurahan Andongsili
Status Tempat/Bangunan : Pinjam Pakai
Luas Tanah/Bangunan       : 80/100 M
Sistem Katalog                       : Kartu ( manual )
Buku Administrasi               : Ada / lengkap
Administrasi Pendukung  : Papan Nama, stempel
Koleksi Buku                          : 3000 judul

Pengguna                                 : 81 anggota , 540 pengguna potensial

Program Pendukung          : PKK, Yasinan, TPQ, Posyandu
Dukungan Kemitraan         : Perpusda Wonosobo

IV. PENUTUP
Kesadaran masyarakat untuk ikut bertanggungjawab terhadap kemajuan pendidikan merupakan modal besar bagi pembangunan sector pendidikan. Inisiatif dari bawah untuk mencerdaskan bangsa berupa pendirian perpustakaan ini, hendaknya gayung bersambut dengan pemerintah. Artinya , masyarakat yang sudah mempunyai semangat untuk maju harus didukung oleh pemerintah baik secara materiel maupun moril. Jangan sampai semangat yang membara , padam seketika tanpa makna. Kami berharap kondisi ini dimengerti, hingga langkah kami tidak sendiri. Dengan PKK perempuan jaya, dengan pustaka perempuan bermakna. Visi Perpustakaan Srikandi : Dengan Buku Ibu Maju, Anak Cerdas, Masyarakat Berkualitas.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: